PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI VIDEO  TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TENTANG JAJANAN SEHAT DI SDN 2 CINTARAJA TAHUN 2023

Authors

  • Rani Nurdianti

DOI:

https://doi.org/10.48186/xm96hx35

Keywords:

Pengetahuan, Sikap, Edukasi, Video, Jajanan Sehat, Siswa

Abstract

Latar Belakang : Anak sekolah merupakan cikal bakal generasi penerus bangsa di masa mendatang yang akan menjadi tumpuan kualitas bangsa. Anak usia sekolah rentang terpengaruh berbagai jajanan yang di jajakan baik di sekolah maupun diluar sekolah. Dalam hal pemilihan makanan jajanan, anak masih kurang memperhatikan keamanan dan kebersihan, karena kurangnya pengetahuan mengenai jajanan yang aman untuk dikonsumsi. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment Research, dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Cintaraja pada bulan Mei-Juli 2023. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas III dan IV SDN 2 Cintaraja dengan populasi berjumlah 188 siswa, dan didapatkan sampel berjumlah 65 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Analisis data menggunakan Uji t-dependen dan disajikan dalam bentuk tabel.Hasil Penelitian : Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan rata-rata nilai P-value dari pengetahuan 0.000 < α (0.05) dan sikap 0.000 < α (0.05) siswa artinya terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai pengetahuan dan sikap siswa sebelum dan sesudah diberikan media Video tentang Jajanan Sehat. Saran : Pendidikan Kesehatan melalui Video tentang jajanan sehat berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap siswa. Diharapkan kepada pihak sekolah untuk dapat menyediakan UKS serta kantin sehat dan kepada petugas kesehatan supaya dapat melakukan pembinaan PJAS dan kantin sehat serta melakukan penyuluhan terhadap siswa secara continue oleh petugas kesehatan.

Published

2023-08-08

Similar Articles

1-10 of 110

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>