GAMBARAN FAKTOR LETAK GEOGRAFIS DAN KUNJUNGAN POSYANDU PASIRPARI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CIAWI TAHUN 2012.

Authors

  • Lilis lisnawati, SST, M.Keb

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v1i4.12

Keywords:

Letak geografis, Kunjungan ke posyandu

Abstract

Berdasarkan sumber data yang dilihat di Puskesmas Ciawi diperoleh bahwa jumlah kader Posyandu sebanyak 315 orang yang tersebar di 76 posyandu (tiap posyandu memiliki 2-6 orang kader). Pencapaian target D/S (jumlah bayi dan anak Balita yang datang dan ditimbang di Posyandu dibanding dengan semua bayi dan anak Balita yang ada) sebesar 72,01%. Salah satu desa di Kecamatan Ciawi adalah Desa Pasirhuni dengan wilayah kerja sebanyak 14 RW yang memiliki 10 posyandu, yang dibina oleh 1 orang petugas (bidan desa) dan di bantu oleh 43 kader. Peran serta ibu yang mempunyai balita dalam kegiatan posyandu masih kurang, hal ini dapat dilihat dari sejumlah balita yang ada sebanyak 84 orang, sebesar 60% ibu balita yang datang ke Posyandu untuk menimbangkan balitanya. Tujuan Mengetahui gambaran faktor yang berhubungan dengan kunjungan Posyandu Pasirpari di wilayah kerja Puskesmas Ciawi tahun 2012. 

Jenis penelitian ini termasuk kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu balita usia 0-5 tahun di Posyandu Pasripari Kecamatan Ciawi  pada bulan Maret tahun 2012 yang berjumlah 84 orang.Pengambilan sampel dalam  penelitian ini adalah  menggunakan teknik purposive sampling Setelah  dilakukan penelitian jumlah sampel berdasarkan kriteria tersebut sebanyak 76 orang.Instrument  penelitian adalah  format  kuesioner  yang telah dibuat sendiri oleh peneliti. Analisis  data yang digunakan adalalah analisis univariat  untuk menganalisis variabel   Letak geografis, dan kunjungan ke posyandu  melalui  distribusi  frekuensi.

Hasil penelitian didapatkan bahwa Letak Geografis Distribusi  faktor  letak  geografis  yang  berhubungan  dengan kunjungan ke Posyandu Pasirpari di wilayah kerja Puskesmas Ciawi tahun 2012 menunjukkan bahwa letak geografis/ keterjangkauan kke Posyandu paling banyak termasuk dekat yaitu 65 orang (85,5%), dan yang jauh sebanyak 11 orang (14,5%). Data menunjukkan bahwa sebagian besar responden tidak teratur dalam kunjungan Posyandu yaitu  43 orang  (56,6%), dan teratur  33 orang (43,3%).

Simpulan dari penelitian ini adalah letak geografis atau keterjangkauan ke posyandu paling banyak termasuk dekat yaitu 65 orang (85,5 %), dan yang jauh sebanyak 11 orang (14,5%) serta data kunjungan sebagian responden tidak teratur dalam kunjungan posyandu yaitu 43 orang (56,6%), dan teratur 33 orang (43,3%). Saran yang direkomendasikan adalah bagi aparatur pemerintahan bekerjasama dengan pihak puskesmas dalam menyusun kegiatan pokjanal poyandu serta menentukan lokasi posyandu yang dapat terjangkau oleh seluruh masyarakat sehingga pelayanan dasar posyandu dapat terjangkau oleh seluruh masyarakat

Downloads

Published

2014-02-13

Similar Articles

1-10 of 162

You may also start an advanced similarity search for this article.