PERBANDINGAN EFEK KLINIS DAN LABORATORIUM HASIL PEMBERIAN MgSO4 SECARA KONTINYU DAN BERKALA PADA PASIEN PREEKLAMSI- EKLAMSI

Authors

  • Lilis lisnawati, SST, M.Keb

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v2i6.51

Keywords:

pemberian MgSO4, Pre ekslamsi, ekslamsi

Abstract

Kematian ibu akibat preeklamsia - eklamsi merupakan salah satu dari tiga penyebab kematian ibu selain perdarahan dan infeksi. Tingginya insidensi serta belum sempurnanya pengelolaan menyebabkan prognosa yang buruk.1Pengobatan dengan magnesium sulfat telah diterima di banyak tempat sebagai pengobatan terpilih pada preeklampsia dan eklampsi. Cara pemberian dan dosis magnesium sulfat masih bermacam-macam walaupun semuanya bertujuan untuk mendapatkan kadar magnesium dalam darah yang dapat memberikan efek terapetik yang optimal dan berlangsung lama.

Populasi  pada penelitian ini adalah  semua ibu hamil  yang menderita preeklampsi dan eklampsia di RSU dr Soekardjo dari bulan Maret - Agustus 2015 (6 bulan), sedangkan sampel penelitian ini adalah ibu-ibu  populasi tersebut diatas yang memenuhi kriteria inklusi serta memenuhi besar sampel minimal.

Hasil penelitian menyatakan bahwa pemberian magnesium sulfat secara intravena lebih baik untuk mencegah kejang  ataupun kejang ulangan. Sedangkan pada pemberian magnesium sulfat secara intravena dan intramuskular dipandang dari segi intoksikasi tidak didapatkan perbedaan antara kedua pola pemberian. Intoksikasi yang terjadi pada pola I semata-mata hanya merupakan faktor ketidaktelitian.

Downloads

Published

2015-08-13

Similar Articles

1-10 of 52

You may also start an advanced similarity search for this article.