GAMBARAN FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DI PABRIK KATEL B DI KECAMATAN CIKONENG KABUPATEN CIAMIS TAHUN 2019

Authors

  • Ros Rosmiati

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v13i1.424

Keywords:

APD, Perilaku, Umur, Pendidikan, Masa Kerja, Pengetahuan, Ketersediaan, Kenyamanan, Pengawasan

Abstract

Menurut Soeaidy(1996) dalam Ardiansyah (2015) menyatakan bahwa setiap tempat kerja wajib menyelenggarakan kesehatan kerja dengan pendekatan,pemeliharaan, peningkatan Kesehatan, (Promotif), pencegahan penyakit, Pemulihan Kesehatan (Rehabilitatif) yang dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan sehingga dapat terwujud kesehatan masyarakat yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor yang berhubungan dengan perilaku penggunaan APD Pabrik katel B di Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis tahun 2019. Penelitian ini dapat memberikan manfaat untuk pengembangan keilmuan kesehatan masyarakat khusunya mata kuliah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan ilmu perilaku. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh pekerja sebanyak 63 karyawan. Teknik sampling yang digunakan yaitu menggunakan teknik accidental sampling yang bersedia menjadi responden sebanyak 52 responden. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pekerja kadang-kadang menggunakan APD, rata-rata umur responden 38 tahun, pendidikan mayoritas SMP, masa kerja mayoritas ≥7 tahun, mayoritas pengetahuan kategori cukup 53,8%, pabrik menyediakan APD, pekerja merasa kurang nyaman menggunakan APD sebanyak 65,4% dan pabrik melakukan pengawasan sebanyak 90.4%.

Pemilik pabrik lebih meningkatkan upaya promosi kesehatan tentang pentingnya penggunaan APD serta pemberian sanksi bagi yang tidak menggunakan.

Published

2022-02-04

Similar Articles

1-10 of 153

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>