HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL CARE DENGAN TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL DI POLI KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) PUSKESMAS LEUWISARI KABUPATEN TASIKMALAYATAHUN 2013

Authors

  • Nevi Dwi Mantini, SST

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v5i2.40

Keywords:

Kualitas pelayanan, antenatal care, kepuasan pasien

Abstract

Kualitas pelayanan antenatal care yang memuaskan diharapkan dapat meningkatkan cakupan kunjungan ibu hamil. Data cakupan kunjungan ibu hamil  tahun 2010 di Provinsi Jawa Barat mencapai 86,67%, sedangkan kunjungan ibu hamil di Kabupaten Tasikmalaya mencapai 83%, sedangkan cakupan kunjungan ibu hamil di Puskesmas Leuwisari yaitu 64%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan antenatal care dengan tingkat kepuasan ibu hamil di poli Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Puskesmas Leuwisari  Kabupaten TasikmalayaTahun 2013.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analitik desain adalah cross sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di Puskesmas Leuwisari  Kabupaten Tasikmalaya periode bulan Januari – Mei 2013 sebanyak 30 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara accidental sampling. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Tehnik analisis data yang digunakan adalah univariat dan bivariat.

Hasil penelitian menyatakan bahwa Kualitas pelayanan antenatal care sebagian besar pada kategori baik sebanyak 20 orang (66,7%), Tingkat kepuasan ibu hamil sebagian besar pada kategori memuaskan sebanyak 19 orang (63,3%) serta Ada hubungan yang bermakna antara kualitas pelayanan antenatal care dengan tingkat kepuasan ibu hamil (p sama dengan 0,013).

Kesimpulan penelitian ini Kualitas pelayanan antenatal care sebagian besar pada kategori baik sebanyak 20 orang (66,7%), Tingkat kepuasan ibu hamil sebagian besar pada kategori memuaskan sebanyak 19 orang (63,3%) serta Ada hubungan yang bermakna antara kualitas pelayanan antenatal care dengan tingkat kepuasan ibu hamil (p sama dengan 0,013). Sehingga direkomendasikan Kualitas pelayanan antenatal care yang sudah baik perlu dipertahankan dan bila dimungkinkan untuk ditingkatkan. Upaya tersebut diantaranya adalah dengan memberikan pelayanan berupa kunjungan ke rumah ibu hamil untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan kehamilan ibu hamil. 

Downloads

Published

2014-08-14

Similar Articles

1-10 of 59

You may also start an advanced similarity search for this article.