GAMBARAN KEPUASAN IBU BERSALIN TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KONSELING PADA PROSES PERTOLONGAN PERSALINAN DI RUANG PONED PUSKESMAS CIAWI KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2012

Authors

  • Erwina Sumartini, S.ST

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v4i2.22

Keywords:

Kepuasan, komunikasi interpersonal, konseling, pertolongan persalinan

Abstract

Persalinan dan kelahiran merupakan kejadian fisiologis yang normal. Namun, keadaan fisiologis tersebut dapat menjadi patologis karena hal lain misalnya komunikasi yang kurang baik. 90% kesakitan dan kematian ibu terjadi di sekitar persalinan yang sebelumnya sering tak dapat diramalkan. Oleh karena itu, peran petugas kesehatan terutama bidan dalam asuhan persalinan adalah memantau persalinan untuk mendeteksi adanya komplikasi. Selain itu, memberikan pelayanan yang bermutu dari segi komunikasi interpersonal dan konseling sehingga dapat mengurangi angka morbiditas dan mortalitas.

Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan perilaku komunikasi interpersonal/konseling bidan selama proses persalinan di Ruang Poned Puskesmas Ciawi Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2012. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dalam peningkatan pelayanan intranatal khususnya dalam pelaksanaan KIP/K.

Jenis penelitian yang digunakan adalah metode jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah seluruh ibu bersalin di ruang Ruang Poned Puskesmas Ciawi Kabupaten Tasikmalaya pada bulan Mei-Juni tahun 2012. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Analisa data dengan menggunakan analisis univariat.

Hasil penelitian diperoleh bahwa sebagian besar (70%) ibu bersalin merasa puas dengan perilaku komunikasi interpersonal/konseling yang telah dilakukan oleh bidan.  Hal ini berarti perilaku komunikasi interpersonal/konseling yang telah dilakukan oleh bidan sudah baik. Perilaku bidan dalam komunikasi yang sudah memuaskan klien sehingga klien akan merasa nyaman dengan asuhan yang telah diberikan.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah perilaku komunikasi interpersonal/konseling  yang dilakukan oleh bidan dalam pelayanan Intranatal Care sebagian besar merasa puas. Hasil penelitian ini diharapkan tenaga kesehatan untuk terus berupaya memberikan arahan dan informasi kepada masyarakat akan pentingnya pertolongan persalinan

Downloads

Published

2013-08-14

Similar Articles

1-10 of 50

You may also start an advanced similarity search for this article.