GAMBARAN KASUS IBU POST PARTUM LEBIH DARI 72 JAM DENGAN MASALAH PENGELUARAN ASI DI DESA TANJUNGJAYA KECAMATAN TANJUNGJAYA KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2018

Authors

  • Sela Aprilsalita
  • Fenty Agustini

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v14i1.476

Keywords:

Diagnosa, Faktor yang mempengaruhi, dan Penatalaksanaan

Abstract

Menyusui merupakan hal yang fisiologis dan alamiah dialami oleh ibu sesudah melahirkan, namun karena kondisi tertentu ibu post partum bisa terhambat oleh hormon yang kurang sehingga menurunkan produksi ASI. Sebagai upaya untuk meningkatkan produksi ASI, maka diperlukan upaya optimal melalui pijat oksitosin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dasar ibu nifas post partum lebih dari 72 jam dengan masalah pengeluaran ASI, faktor yang mempengaruhi serta penatalaksanaan yang diberikan.
Pendekatan pada penelitian ini yaitu berupa studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif, subjek dalam studi kasus ini adalah 1 ibu nifas 4 hari post partum dengan ASI sedikit. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara, format pemeriksaan fisik, lembar observasi kemudian dianalisis dalam bentuk narasi.
Hasil penelitian ini didasarkan pada anamnesa Ny. D menegluh ASI sedikit dan bayi rewel, pemeriksaan palpasi payudara lembek dan kosong, ASI sulit dikeluarkan. Factor yang mempengaruhi produksi ASI pada ibu nifas 4 hari post partum adalah riwayat penggunaan alat kontrasepsi, perawatan payudara dan kecukupan istirahat. Penatalaksanaan yang dilakukan yaitu pemijatan oksitosin dilakukan 4 kali pemijatan selama 2-3 menit. Hasil penelitian ini direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya mengenai pengaruh faktor psikis terhadap menurunnya produksi ASI.

Published

2023-02-06

Similar Articles

1-10 of 185

You may also start an advanced similarity search for this article.