GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU DALAM PEMBERIAN IMUNISASI DASAR LENGKAP DI DESA TANJUNGSARI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SALOPA KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2017

Authors

  • Dian Andriani
  • Chanty Yunie

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v14i1.478

Keywords:

Pengetahuan, Sikap Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan dan Dukungan Keluarga

Abstract

Imunisasi merupakan salah satu pelayanan kesehatan dasar dan imunisasimer upakan salah satu cara yang efektif untuk menurunkan angka kesakitan. Beberapa faktor yang menimbulkan seseorang berperilaku  alam pemberian imunisasi diantaranya pengetahuan, pendidikan, ekonomi, dukungan suami dan lain-lain. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Salopa Kabupaten  asikmalaya berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada beberapa masyarakat/ ibu yang mempunyai anak usia 12 bulan diperoleh bahwa masih banyak ibu yang tidak melakukan imunisasi dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ibu dalam pemberian imunisasi dasar lengkap di Desa Tanjungsari Wilayah Kerja Puskesmas Salopa Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2017.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi usia 12 bulan yang tidak melaksanakan imunisasi dasar lengkap yang berjumlah 13 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan responden tentang imunisasi dasar lengkap sebagian besar ada pada kategori cukup yaitu sebesar 86,6%, sikap responden terhadap pelaksanaan imunisasi dasar lengkap sebagian besar ada pada kategori positif sebesar 69,2%, tingkat pendidikan ada pada kategori tangka pendidikan sebagian besar ada pada kategori rendah sebesar 53,8%, pekerjaan responden sebagian besar ada pada kategori tidak bekerja yaitu sebesar 76,9%, pendapatan responden sebagian besar ada pada kategori rendah yaitu sebesar 76,9%,dan dukungan keluarga sebagian besar ada pada kategori mendukung yaitu sebesar 69,2%.


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rendahnya imunisasidasar lengkap tidak semuanya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang diteliti. Namun,ada faktor lain seperti akses lokasi. Pihak puskesmas lebih melakukan pendekatankepada masyarakat terutama kepada ibu yang mempunyai bayi untuk melakukan imunisasi dasar lengkap.

Published

2023-02-06

Similar Articles

1-10 of 184

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>