GAMBARAN FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DI KECAMATAN MANONJAYA KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2015

Authors

  • Hariyani Sulistyoningsih, S.KM,M.KM

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v7i1.68

Keywords:

Pengetahuan, pendidikan, dukungan suami, perilaku deteksi dini kanker serviks

Abstract

Penelitian WHO menyingkapkan kurangnya tindakan skrining penyakit kanker di Indonesia.Khususnya untuk skrining kanker serviks yaitu sitologi serviks dan ulasan asam asetat, secara umum belum tersedia di pusat kesehatan primer pada tahun 2014. Ini ikut berpengaruh pada jumlah kematian kanker serviks di Indonesia yang tergolong tinggi karena sebagian besar disebabkan oleh keterlambatan dalam diagnosis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran faktor yang mempengaruhi perilaku deteksi dini kanker servik di wilayah Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya tahun 2015

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita usia subur di wilayah Kecamatan Manonjaya periode September 2015 sebanyak 412 orang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simpel random sampling sebanyak 202 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah pengetahuan, dukungan suami dan perilaku deteksi dini kanker serviks. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner 10 pertanyaan untuk pengetahuan, 1 pertanyaan untuk dukungan dan 1 pertanyaan untuk perilaku. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis univariat.

Hasil penelitian ini didapatkan mayoritas pengetahuan responden tentang deteksi dini kanker serviks adalah kurang yaitu 108 orang (53,46%), sedngkan tingkat pendidikan responden mayoritas adalah tingkat dasar yaitu 112 orang atau 55.4 %, Mayoritas responden tidak mendapatkan dukungan suami untuk melakukan deteksi dini kanker serviks yaitu 134 orang (66,3%) serta Responden yang melakukan deteksi dini kanker serviks adalah 19 orang (9,4%).

Saran bagi masyarakat adalah dapat meningkatkan pengetahuan melalui pencarian informasi di berbagai media massa atau mengikuti penyuluhan kesehatan tentang pentingnya deteksi dini kanker  serviks. Serta bagi tenaga kesehatan diharapkan petugas kesehatan berperan aktif dalam mensosialisasikan pentingnya deteksi dini kanker serviks melalui penyuluhan maupun konseling kesehatan.

Downloads

Published

2016-02-16

Similar Articles

1-10 of 121

You may also start an advanced similarity search for this article.