GAMBARAN PEMANFAATAN BUKU KIA DI MASA PANDEMIK PADA IBU HAMIL DI DESA CIKUNIR KECAMATAN SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2020

Authors

  • Chanty Yunie Hartiningrum, S.SiT., M.Kes

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v12i1.396

Keywords:

Pemanfaatan Buku KIA, Ibu Hamil, Pandemi Covid-19

Abstract

Upaya pencegahan dari terlambatnya pengenalan adanya masalah yang bisa berlanjut pada keterlambatan rujukan lainnya. Sehingga AKI  dapat  ditekan  melalui  pemberdayaan  ibu  hamil  dengan  buku  KIA. (Kemenkes, 2015). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  Gambaran Pemanfaatan Buku KIA Di Masa Pandemik Pada Ibu Hamil Di Desa Cikunir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2020.

Jenis penelitian yang di gunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh ibu hamil di Desa Cikunir Kecamatan Singaparna berjumlah 87 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dimana seluruh ibu hamil di jadikan sampel dalam penelitian. Instrumen penelitian yang diguanakan adalah kusioner yang mengukur Pemanfaatan Buku KIA Di Masa Pandemik Pada Ibu Hamil. Analisis data dilakukan dengan cara univariat yang disajiakan dalam bentuk table distribusi frekuensi dan di jelaskan dalam bentuk narasi.

Mayoritas ibu hamil memiliki buku KIA, akan tetapi kurang dimanfaatkan, hal ini disebabkan karena 32,2% buku KIA tersimpan di Kader.

Petugas kesehatan dan kader perlu berperan untuk mendorong ibu hamil memanfaatkan buku KIA agar dapat dideteksi secara dini permasalahan kesehata ibu dan anak supaya apat tercegah dari resiko kematian dan kesakitan.

 

Published

2021-02-22

Similar Articles

1-10 of 113

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>