LITERATUR REVIEW:PARTISIPASI IBU BALITA KE POSYANDU DI INDONESIA

Authors

  • Hapi Apriasih, SST., M.Kes

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v13i1.429

Keywords:

Partisipasi, Ibu Balita, Posyandu

Abstract

Latar Belakang : Menurut Badan kesehatan dunia WHO pada tahun 2015 memperkirakan terdapat 51 juta balita mengalami masalah gizi. Kasus gizi buruk yang dimaksud ditentukan berdasarkan perhitungan berat badan menurut tinggi badan balita Zscore < -3 standar deviasi . Menurut hasil Riskesdas 2013 prevalensi gizi sangat kurus pada balita sebesar 5,3%. Posyandu merupakan salah satu pelayanan kesehatan di desa memudahkan masyarakat untuk mengetahui atau memeriksakan kesehatan terutama ibu hamil dan anak balita.

Metode Penelitian : Sumber data penelitian berasal dari study literature review dan termasuk sumber data kualitatif dimana data kualitatif merupakan rekaman atau observasi tertulis dari sebuah penelitian. Populasi adalah semua jurnal hasil penelitian dengan topik partisipasi ibu balita ke posyandu. Artikel full–text ditelaah untuk memilih jurnal hasil penelitian yang sesuai dengan kriteria inklusi sampel.

Hasil Penelitian : Dukungan keluarga mempengaruhi perilaku keluarga yang memiliki balita dalam mengikuti kegiatan posyandu. Dukungan keluarga yang positif akan mendukung ibu untuk rutin datang ke posyandu setiap bulan. Sedangkan dukungan keluarga yang negative ditunjukan seperti suami tidak mengantarkan istri untuk melakukan pemantauan tumbuh kembang balitanya ke posyandu, keluarga lain tidak menggantikan ibu mengantar balita ke posyandu ketika ibu berhalangan .

Mengaktifkan peran serta kader dalam kegiatan posyandu. Meningkatkan pemahaman pada keluarga melalui pemberdayaan keluar.

Published

2022-02-04

Similar Articles

1-10 of 121

You may also start an advanced similarity search for this article.