FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN JAMBAN SEHAT DI DESA SUKAMULYA WILAYAH KERJA PUSKESMAS SINGAPARNA TAHUN 2019

Authors

  • Indah Yulia Citra

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v13i1.422

Keywords:

Jamban sehat, Pendapatan, dan Peran Petugas Kesehatan

Abstract

Kondisi lingkungan yang sangat berpengaruh terhadap derajat kesehatan diantaranya jamban keluarga. Jamban keluarga sehat merupakan komponen penting untuk mencegah penyakit menular seperti diare. Desa dengan akses sanitasi layak (jamban sehat) terendah di wilayah kerja Puskesmas Singaparna yaitu Sukamulya (33,4%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepemilikan jamban sehat di Desa Sukamulya Tahun 2019. Manfaat penelitian ini untuk menambah informasi tentang pentingnya jamban sehat.

Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Popoulasi dalam penelitian ini adalah kepala keluarga yang ada di Desa Sukamulya, sampel dalam penelitian ini sebanyak 94 dengan simple random sampling. Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah lembar kusioner. Analisis data menggunakan uji Chi-Square.

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara pendapatan (p value 0,001) dan sikap (p value 0,000) dengan kepemilikan jamban sehat dan tidak ada hubungan antara peran petugas kesehatan dengan kepemilkan jamban sehat (p value 0,336)

Published

2022-02-04

Similar Articles

1-10 of 184

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>